SEKALI MELANGKAH PANTANG MENYERAH SEKALI TAMPIL HARUS BERHASIL JIWA RAGAKU DEMI KEMANUSIAAN

Jumat, 19 Februari 2010

KIAT MENGEMUDI



KIAT 1 : BERPIKIR JAUH



• Berpikir jauh akan memudahkan Anda dalam merencanakan Sesuatu, sehingga Anda dapat melakukan gerakan menghindar bahaya pada waktu yang tepat.

• Pelajarilah keadaan jalan dan perhatikan baik-baik tanda atau rambu jalan. Jangan abaikan, karena ada untuk membantu kita.

• Tanyakan pada diri Anda sendiri :



• Sewaktu mendekati pertigan jalan :

• Dapatkah pengemudi lain melihatku ? Yakinkah aku, bahwa mereka melihatku ? Dapatkah aku menghindari bahaya seandainya mereka membahayakanku ?



• Sewaktu mendekati tikungan jalan :

• Seberapa tajam tikungan itu ? Tepatkah kecepatanku ? Benarkah posisi / jalurku ?



• Sewaktu lampu lalu lintas berwarna hijau

• Apakah lampu akan segera berubah ? Punyakah aku waktu untuk berhenti ? Dapatkah kendaraan dibelakangku berhenti?



KIAT 2 : ANTISIPASI



• Perkirakan hal-hal yang menyebabkan kecelakaan yang bakal terjadi. Untuk itu, Anda harus berpikir kedepan.



• Setelah Anda berpikir kedepan tentang kondisi lalu lintas yang akan terjadi, Anda harus siap mengantisipasi gerakan kendaraan lain disekitar Anda.



• Tanyakan pada diri Anda sendiri : Apabila Anda ingin mendahului, akankah ia mendahului atau berbelok? Sewaktu saya keluar jalur ? Adakah ruang untuk masuk jalur lagi ? Adakah tikungan di depanku ?



• Sewaktu kendaraan lain mendekat, apakah kendaraan itu bergerak lebih cepat dari yang saya duga ? Adakah kendaraan yang akan keluar jalur dibalik kendaraan yang bergerak lambat ? Apakah kendaraan dibelakang saya akan mendahului ?



• Sewaktu melewati mobil yang sedang parkir , Adakah pintu mobil yang akan dibuka ? Adakah orang yang akan keluar dari sela-sela mobil yang sedang parkir ? Adakah kendaraan yang akan keluar dari parkir ?



KIAT 3 : PENGENDALIAN



• Keamanan Anda tergantung pada diri Anda sendiri.

• Semakin tinggi tingkat pengendalian kendaraan dan jalan, akan semakin amanlah Anda.



• Anda harus berhati-hati dengan kondisi jalan dan lalu lintas yang membingungkan.



• Tanyakan pada diri Anda sendiri : Dimanakah posisi kendaraan Anda ? Dapatkah saya melihat dan dilihat ? Apakah gerakan saya dibatasi kendaraan lain. Adakah ruangan untuk penyelamatan ?



• Bagaimanakah kecepatan Anda ? Dapatkah saya segera berhenti bila kendaraan didepan berhenti mendadak ? Apakah saya terlalu cepat mengingat kondisi jalan yang ada sekarang ?

• Apakah gigi kecepatan saya sudah tepat untuk keluar dari titik/ rawan ?



• Bagaimana kondisi jalan : Apakah jalan bergelombang, berbatu atau basah ? Apakah ada permukaan metal / logam didepan ? Apakah saya dapat mengatasi selip ?



KIAT 4 : LARANGAN



• Pengemudi yang aman tidak boleh hanya memikirkan kendaraan sendiri. Tetapi selalu mempertanyakan gerakan pengguna jalan lainnya.



• Pengemudi yang aman selalu berkonsentrasi penuh dan selalu mengendalikan kendaraannya. Ia selalu mengemudi dengan cara yang positif dan percaya diri diantara keterbatasan kecepatan dan kondisi lalu lintas.



• Pengemudi haris berpikir jauh kedepan, mengantisipasi bahaya dan memelihara kendali.



• Mengapa mengemudi harus aman ? Lima puluh persen korban kecelakaan sepeda motor diakibatkan karena adanya kendaraan lain yang memotong jalur sepeda motornya.



• Dengan mengemudi defensif akan mencegah Anda memperbesar angka statistik kecelakaan!

Tidak ada komentar: