SEKALI MELANGKAH PANTANG MENYERAH SEKALI TAMPIL HARUS BERHASIL JIWA RAGAKU DEMI KEMANUSIAAN

Kamis, 25 Februari 2010

MATA DAN PROSES BERKENDARAAN !


Mata Anda tentunya begitu berpengaruh dalam melakukan proses berkendara kendaraan Anda. Nah kira-kira bagaimana melakukan sinkronisasi mata dalam proses berkendara. Berikut penjelasan siklus proses berkendara :

1. Perception, pengendara mengidentifikasi dan waspada terhadap potensi bahaya di lalu-lintas sekelilingnya.
2. Judgement, mengambil keputusan untuk menghadapi situasi yang terjadi dan akan terjadi
3. Operation, menjalankan keputusan yang diambil.

Pada proses perception, manusia sangat membutuhkan mata untuk menangkap informasi kemudian mengidentifikasinya. Apabila mata tidak berfungsi dengan baik maka informasi yang dikumpulkan menjadi salah. Akibatnya judgement dan operation yang dijalankan menjadi salah.

Oleh sebab itu penting untuk menjaga mata agar dapat berfungsi dengan baik. Beberapa hal yang menganggu fungsinya untuk mengumpulkan informasi adalah sbb :

1. Mengantuk, dengan mata tertutup, maka mata tidak bisa mendapat informasi apa-apa :)
2. Buta warna, rambu-rambu lalu-lintas dibuat dengan berbagai warna yang masing-masing mempunyai maksud tersendiri.
3. Bergerak, semakin cepat kita bergerak maka ketajaman mata akan semakin menurun.
4. Ruang lingkup, semakin cepat kita bergerak maka ruang lingkup yang dapat dilihat oleh mata akan semakin mengecil.
5. Silau, mata yang silau tidak dapat menangkap informasi apa-apa
6. Adaptasi gelap terang, pada saat kita berpindah dari ruang yang terang kemudian ke gelap atau sebaliknya maka mata membutuhkan waktu untuk beradaptasi. Selama waktu tersebut maka mata tidak dapat berfungsi dengan baik.

Ternyata mata mempunyai kelemahan-kelemahan terlebih lagi saat kita bergerak atau berpindah dari ruangan yang berbeda intensitas cahayanya. Hal-hal tersebut harus dihindari untuk mendapatkan proses berkendara atau mengidentifikasi yang optimal.

Tidak ada komentar: