SEKALI MELANGKAH PANTANG MENYERAH SEKALI TAMPIL HARUS BERHASIL JIWA RAGAKU DEMI KEMANUSIAAN

Jumat, 26 Februari 2010

Tips Aman Menggunakan Jasa Angkutan Umum

Selain berdoa agar anda selamat dalam perjalanan, berikut tips aman bagi anda yang mengunakan angkutan umum dalam bebepergian.

1. Pastikan anda mengetahui nomor trayek kendaraan yang akan dinaiki

2. Apabila bingung bertanyalah kepada petugas Kepolisian atau kepada orang yang memiliki identitas jelas (Satpam atau tukang parkir resmi).

3. Sebelum naik kendaraan catat dengan lengkap Nomor Polisi kendaraan dan nama angkutan yang dinaiki, apabila taksi catat nomor body kendaraan.

4. Kirim semua data tersebut ke orang dekat anda melalui SMS atau telpon hal ini bertujuan untuk memudahkan melacak apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

5. Hindari makan atau minuman dari pemberian orang lain yang baru anda kenal untuk menghindari pembiusan dalam anggkutan umum

6. Hindari membawa atau memakai barang berharga/mewah dalam menggunakan jasa angkutan umum, hal ini untuk mengurangi niat orang lain untuk berbuat jahat.

7. Dalam angkutan umum tetaplah waspadalah terhadap kelompok pencopet yang berpura-pura muntah, menawarkan jasa pijat, kejang-kejang, menjatuhkan barang didalam angkutan dan modus-modus kejahatan lainya.

8. Selektiflah dalam memilih angkutan umum yang akan anda naiki, apabila diatas angkutan umum anda mendapati hal-hal yang mencurigakan lebih baik anda turun.

9. Apabila anda menempuh perjalanan jauh, silahkan anda menginformasikan kepada orang terdekat anda mengenai kondisi dan lokasi terakhir.

10. Selalu catat nomor penting/polisi yang bisa dihubungi pada saat darurat.

11. Apabila sendiri, hindari tidur dalam angkutan umum karena berpotensi anda menjadi korban tindak kejahatan.

12. Apabila anda dirugikan oleh awak angkutan/ calo lebih baik anda melaporkan ke nomor telepon pengaduan/layanan konsumen.

Tidak ada komentar: