SEKALI MELANGKAH PANTANG MENYERAH SEKALI TAMPIL HARUS BERHASIL JIWA RAGAKU DEMI KEMANUSIAAN

Kamis, 18 Februari 2010

ACTIVITAS BISNIS TREATMENT



Activitas Bisnis Threatment ( Ancaman aktifitas bisnis )

1 Ruang Lingkup Aktifitas Bisnis

Roda perekonomian pada suatu wilayah akan berjalan dengan baik sesuai dengan target yang diharapkan apabila diimbangi dengan pengaturan lokasi bisnis, fasilitas pendukung dan kebijakan-kebijakan dari manajemen dapat berjalan dengan baik serta dipatuhi oleh semua elemen pelaksana bisnis yang ada. Dalam menjalankan suatu aktifitas bisnis pasti akan ditemukan hambatan dan tantangan, baik yang datang dari dalam komunitas bisnis itu sendiri atau dari luar komunitas itu. Hambatan dan tantangan tersebut bermacam-macam bentuknya dan tidak sedikit pula berdampak kepada suatu kerugian / kehancuran.
Hambatan dan ancaman yang akan terjadi dalam menjalankan bisnis antara lain :

1. Kerusuhan
2. Konspirasi saling menjatuhkan
3. Manipulasi informasi
4. Unjuk Rasa / Demo
5. Sabotase
6. Intervensi Kebijakan
7. Pemerasan & tindakan Kriminal

Identifikasi dari beberapa aspek yang timbul dari kepadatan aktivitas bisnis tersebut diantaranya:

1. Persaingan tidak sehat antar pelaku bisnis (tenant) yang berdampak pada saling menjatuhkan lawan bisnisnya
2. Munculnya kepentingan-kepentingan dalam menjalankan bisnis yang berdampak kepada saling menguasai daerah tertentu untuk kepentingan kelompok atau perorangan ( di area plaza )
3. Munculnya pelaku-pelaku bisnis illegal baik secara berkelompok maupun perorangan seperti sales, pedagang asongan atau kaki lima, parkir liar dan ojeg
4. Kecurangan antar elemen internal bisnis dalam hal ini tenant dan manajemen
5. Perang harga yang dilakukan oleh pelaku bisnis (tenant) dalam mencari keuntungan dengan tidak memperhatikan etika bisnis yang berlaku ( internal area )
6. Konspirasi antara tenant untuk menentang kebijakan barudari pihak pengelola
7. Timbulnya permasalahan pribadi dari ketidak puasan tenant terhadap kebijakan atau peraturan yang telah dibuat oleh manajemen

Timbulnya kendala-kendala yang terjadi dalam menjalankan aktifitas bisnis merupakan titik awal timbulnya ancaman terhadap bisnis yang sedang berjalan.

Tidak ada komentar: