SEKALI MELANGKAH PANTANG MENYERAH SEKALI TAMPIL HARUS BERHASIL JIWA RAGAKU DEMI KEMANUSIAAN

Rabu, 03 Maret 2010

TIPS NAIK PESAWAT TERBANG


- Persiapkan Tiket Pesawat di Tempat yang Mudah Terjangkau
Jangan menyimpan tiket di dalam koper, apalagi diselipkan ditumpukan pakaian dalam. Pastikan juga bahwa tiket yang anda bawa benar2 tiket pesawat, bukan tiket konser atau tiket bioskop!

- Jangan Membawa Senjata Tajam
Biasanya security bandara akan memeriksa anda dan barang bawaan Anda berkali-kali, jadi pastikan anda tidak membawa senjata tajam (kalo senjata tumpul masih bisa ditoleransi). Anda juga dilarang membawa barang-barang yang membahayakan seperti senjata api, bahan peledak, rudal, tank, apa lagi kapal selam! Karena selain akan terdeteksi oleh scanner, Anda juga pasti bakal kerepotan sendiri membawanya.

- Pastikan Anda Sedang Tidak Dalam Pengaruh Alkohol / Narkoba
Alkohol dan Narkoba dapat mengakibatkan penerbangan Anda kacau balau. Karena hanya dengan menkonsumsinya saja Anda sudah bisa “terbang” (fly), apalagi kalo ditambah naik pesawat, terbangnya akan semakin tinggi! Otomatis kalo jatuh semakin sakit pula.

- Jangan Memakai Barang-Barang Berharga
Usahakan jangan memakai barang-barang mewah secara mencolok seperti kalung, gelang tangan, gelang kaki, emas batangan, keris pusaka, dll karena dapat memancing tindakan2 kriminal di dalam pesawat.

- Berpakaian Sewajarnya
Pilihlah pakaian yang santai, nyaman, tapi tetap kelihatan rapi. Jangan berpakaian yang neko-neko seperti pake kostum badut, kostum wayang orang, hansip, apa lagi pake kostum teroris! Oiya, jangan pake pakaian renang or bikini, nanti bisa bikin pilotnya gak konsen!

- Siapkan Uang Lebih di Dompet
Fungsinya untuk membayar Passanger Service Charge (Airport Tax) biasanya sebesar 25-30 ribu. Selain itu uang receh juga bisa digunakan untuk membayar pengamen, beli wingko babat or tahu sumedang! (emangnya di kereta ekonomi?)

- Banyak Berdoa
Jika Anda telah memasuki pesawat sebaiknya Anda segera memperbanyak doa pada Yang Maha Kuasa agar diberi keselamatan samapi tujuan. Tapi tetap saja jangan berlebihan, ga perlu sampai menggelar tahlilan, ataupun yasinan. Lenih baik berdoa sendiri dalam hati dengan sekhusyuk-khusyuknya.

- Perhatikan Baik-Baik Petunjuk Keamanan
Biasanya pramugari akan mempresentasikan standard keamanan penerbangan, bahkan dengan disertai gerakan-gerakan isyarat. Patikan konsentrasi Anda tertuju pada apa yang mereka presentasikan bukan pada kemolekan tubuhnya!

- Matikan Ponsel Anda
Sinyal pada ponsel Anda dapat mengganggu sinyal pada pesawat. Jadi demi keamanan sebaiknya matikan ponsel Anda sebelum pesawat tinggal landas. Kalo perlu buang ponsel Anda lewat jendela pesawat (kalo bisa!).

- Pakai Sabuk Pengaman
Pakailah sabuk pengaman sesuai instruksi para pramugari. Ga usah berebutan, ga usah minjem penumpang sebelahnya. Semua kursi telah dilengkapi sabuk pengaman. Kecuali kursi DPR (???).

- Bersikap Tenang
Ketika pesawat sedang di udara bersikaplah tenang seolah-olah tidak terjadi sesuatu. Atur nafas, kurangi aktivitas yang tidak penting seperti kejar-kejaran, kayang, salto, roll depan, dll. Biar keliatan lebih nyantai Anda bisa membaca majalah sambil bersiul.

- Usahakan Jangan Buang Air di Pesawat
Karena kamar kecil (WC) di pesawat tidak dilengkapi sabuk pengaman! Bayangkan bagaimana jadinya kalo ada sedang buang air tiba-tiba pesawat menukik / mendarat.

- Bersyukur
Jangan lupa untuk memanjatkan syukur pada Tuhan jika Anda telah sampai tujuan dengan selamat. Lagi-lagi jangan meluapkan rasa syukur itu dengan berlebihan seperti melakukan sujud syukur apalagi sampai menggelar syukuran massal di Bandara!

Tidak ada komentar: