SEKALI MELANGKAH PANTANG MENYERAH SEKALI TAMPIL HARUS BERHASIL JIWA RAGAKU DEMI KEMANUSIAAN

Minggu, 14 Maret 2010

TIPS CARA MEMILIH DAN MERAWAT TALI PANJAT

Pemilihan Tali
Pemilihan tali merupakan permainan kompromi. Tahan lama, tali lebih berat ada pada biaya meningkatkan tali tertarik dan tarikan gravitasi. Sedangkan, cord yang lebih ringan sulit untuk belayer menjaga kendali sementara menahan leader yang terjatuh dan lebih menyerupai terkikis pada tepian tebing. Anda perlu menentukan mana kelebihan pada sebuah tali.
Jika anda hanya mempunyai sedikit pengalaman dengan tali temali, tanya seseorang bagaimana memperlakukan tali baik di area panjat, atau gunakan petunjuk umum ini.
Sport Climbing
Pilih tali 9.5 - 10mm untuk memanjat dengan banyak jalur. Untuk kebanyakan pemanjat sport ini adalah tali yang dibeli dan dipakai.
Pilih sebuah tali 9.5mm yang ringan tali untuk proyek pembuakaan jalur dan redpoint yang sulit.
pilih tali 10.5 - 11mm untuk top-roping, bekerja / dogging sebuah proyek sebaik memanjat dengan sistem bolting dan cleaning jalur.
Trad Climbing
Pilih tali 9.5 -10mm jika kamu hati-hati dengan ketinggian.
Pilih tali 10.5 - 11mm jika anda akan lakukan banyak belaying di atas overhang dan memanjat dengan pasangan yang skill panjatnya dibawah anda dan biasanya mengalami kesulitan pada tali.
Big Wall Climbing
pilih 10.5 atau 11mm tali kalau anda punya sesuatu yang special di pikiran seperti sebuat pemanjatan cepat atau tindakan sulit yang dilaksanakan melebihi manusia biasa lainnya (misal ; pecahkan rekor pemanjatan)
Alpine Climbing
Pilih sebuah tali 9.5 - 10mm dry rope. Memanjat dengan tali ringan boleh jadi dapat diterima untuk tim berpengalaman yang perlu menilai setiap ons.
Model Tali
Half Rope
Memanjat dengan dua tali langsing 8-9mm merupakan alternatif fungsional pada jalur-jalur dimana tali tunggal akan zig zag melalui peralatan, membuat tali tertarik dengan kencang. Dengan dua tali, satu tercantol kepada peralatan yang cenderung menuju sebelah kanan dan lain dicantolkan ketika ini mengembara meninggalkan.
Pada jalu licin, menarik badan untuk mencantolkan salah satu tali mengizinkan tali lainnya semakin dekat sampai pengaman terakhir, jadi mengurangi jatuh jauh yang berbahaya.
Dry treated ropes
Daripada menyimpan tali dari memperoleh memenuhi selama cuaca cuaca buruk atau kebetulan basah karena menyeberangi sungai, tali drytreatment mereduksi anyaman luar saat dipakai pada batuan abrasif.
Middle marks and Bi-coloring
Jika anda lakukan rappelling atau kamu lakukan sport climbing di daerah dimana menurunkan pemanjat secara langsung dari anchor ke dasar, anda telah tahu bagaimana tepatnya pertengahan tali.
Penanda di pertengahan tali dicelupkan tinta di tepat di pertengahan tali panjat. Bi color berarti ada dua perbedaan dan beda tenunan untuk setiap setengah mantle (anyaman luar) tali. jangan karena perbedaan terlihat hebat, sehingga ini tidak pernah dipakai. Bicolor tali cara terbaik anda memperoleh panjang itu maksimum dari setiap rappel atau itu memimpin pemanjatan sport akan dapat kembali lagi kepada dasar tebing tanpa kehabisan tali. Singkatnya, tanda di tengah dan bicoloring menjaga keselamatan dan menghemat banyak waktu.
Supple Rope
Halus, tali fleksibel, bagus untuk belay dan penggulungan yang sangat mudah. Tali ini baik untuk tebing yang tidak sangat abrasif atau tidak mempunyai banyak perubahan di sudut permukaan. Memanjat dengan banyak roof dengan sudut yang tepat dan puncak, peralihan dari terjal ke rata.
Tentu saja, half rope akan memberi mu dua kali lebih panjang melakukan rappel dengan dengan perhitungan hampir dua kali berat dari tali tunggal.
Static Rope
Tali statis berhasil dengan gemilang untuk jumaring pada lintasan tetap (fixed line), rappelling dan haulling di dinding besar. Tetapi bila ini memanjat, tali statis istirahatkan. Bahkan ketika ada top roping, tali statis dapat menarik pemanjat yang jatuh kecuali belay-nya bekerja dengan sempurna
Pertimbangan Lain
Panjang tali
Tali 60 m (200 ft. ) kebanyakan menggantikan standar lama, 50 meter (165 ft). Tali 60 m, sementara lebih berat, baik untuk menurunkan atau rappelling dan sesuai untuk dua pitch dengan satu dorongan, menghemat banyak waktu. Beberapa jalur sport tertentu dan pemanjatan cepat pada dinding besar butuh tali 70 meteran. Banyak sistem top rope juga dianggap tali 70 m, sejak tipe top-rope menyebabkan banyak memakai tali dan mengambil seksi akhir akan tidak akan signifikan mereduksi kemantapan tali 70 meter.
Tali 60 m (200 ft. ) kebanyakan menggantikan standar lama, 50 meter (165 ft). Tali 60 m, sementara lebih berat, baik untuk menurunkan atau rappelling dan sesuai untuk dua pitch dengan satu dorongan, menghemat banyak waktu. Beberapa jalur sport tertentu dan pemanjatan cepat pada dinding besar butuh tali 70 meteran. Banyak sistem top rope juga dianggap tali 70 m, sejak tipe top-rope menyebabkan banyak memakai tali dan mengambil seksi akhir akan tidak akan signifikan mereduksi kemantapan tali 70 meter.
Ingat sebuah tali 9.5 mm sepanjang 70 m. beratnya sekitar 10 lbs

Perlakuan Berbahaya
1. gunakan tali panjat anda hanya untuk memanjat. Jangan pernah menarik mobil, kerek perlengkapan atau peralatan dengan tali panjat. Bahkan melakukan sesuatu ringan yang bukan untuk climbing dapat merusakannya tanpa kamu melihatnya.
2. gunakan tas tali kapanpun ini layak dilakukan untuk mereduksi jumlah debu dan kerikil halus bila tak dipakai, karena ini bisa masuk ke serabut tali.
3. Lindungi tali anda dari semua zat kimia dan asam. Minyak, oli mesin dan sejenisnya. Jangan pakai lagi tali jika anda mencurigai mungkin telah rusak oleh kimia dan khususnya asam.
4. Jangan menginjak tali dan lindungi ini dari tubrukan traumatis seperti tertindih batu, ujung depan krampon atau palu tebing.
5. Jangan tandai pertengahan tali dengan beberapa jenis kimia atau mencelupkan penanda apapun juga. Bahan kimia sama berbahaya seperti semua lain dan mungkin tali bisa mengalami kerusakan serius.
6. Jaga tali agar sering terkena langusung tali ke UV bila tak diperlukan.
7. Hindari tali bergesakan dengan tali lain atau tali dengan sling. Satu hal paling merusak dan secara berpotensi mematikan adalah berusaha melakukan top rope atau menurunkan pemanjat secara langsung dari sling tanpa melalui carabiner.

Pencucian
1.Tali bisa saja dicuci di mesin cuci atau dengan tangan dengan air dingin atau suam-suam kuku menggunakan sabun ringan (misal shampoo atau sabun mandi).
2.Bila menggunakan mecin cuci tali sebaiknya digulung dengan sistem chaining loop
3.Bersihkan area dan wadah menyuci tali.
4.Keringkan tali dengan menggantungnya (dianjurkan), atau menggelarnya pada lantai , tapi pastikan tak ada seorangpun yang lewat setidaknya seharian penuh
5.Bolak-balik tali dan jemur selama 12 jam. Pada lingkungan bersuhu dingin atau berkabut, gantung tali sampai kering.

Tidak ada komentar: