SEKALI MELANGKAH PANTANG MENYERAH SEKALI TAMPIL HARUS BERHASIL JIWA RAGAKU DEMI KEMANUSIAAN

Jumat, 05 Maret 2010

Tips Menghemat Pemakaian Listrik di Rumah

Cermati hal-hal kecil yang dapat membawa dampak besar bagi kantong anda. Ternyata dengan mengubah cara pakai peralatan elektronik di rumah anda bisa mengurangi penggunaan energi dan menghemat tagihan bulanan anda.

Lampu

* Beli bohlam lampu sesuai dengan kebutuhan anda, karena terkadang kita menggunakan bola lampu yang terlalu terang.
* Bersihkan bohlam lampu secara teratur, agar cahaya lampu lebih terang karena tidak terhalang debu hitam yang menempel. Bersihkan dengan lap basah atau Koran bekas yang dibasahkan.
* Ganti bohlam lampu biasa yang berkekuatan 75 watt dengan bohlam lampu flouresense berkekuatan 15 watt. Terangnya sama dan lebih tahan lama.

AC

* Lokasi AC ternyata berpengaruh pada efesiensi energi. Posisi AC yang menghadap langsung ke arah matahari, akan mengakibatkan energi listrik lebih banyak terpakai untuk mendinginkan ruangan. Bersihkan AC secara teratur, karena debu dan kotoran dapat membuat berkurangnya dingin temperatur.
* Jangan biarkan AC menyala di kamar yang kosong.
* Lakukan aktivitas harian seperti mandi, memasak, dan mencuci di pagi hari saat udara tidak terlalu panas. Aktivitas ini meningkatkan kelembaban di rumah anda, sehingga bila dilakukan di siang hari, anda harus menyalakan AC lebih lama.

Seputar Dapur

* Cairkan bahan masakan beku seperti daging, ikan, atau sosis sebelum memasak, dengan cara mendiamkan atau merendamnya dengan air. Jangan mencairkan saat memasak, karena selain membuang waktu juga memerlukan gas yang lebih banyak.
* Jangan terlalu sering membuka pintu lemari es. Semakin sering dan lama anda membukanya, maka energi listrik yang terpakai akan lebih banyak. Selain itu isi lemari es juga berpengaruh. Kalau kulkas anda kosong, maka energi listrik akan terbuang dengan percuma. Jadi belilah kulkas yang sesuai dengan kebutuhan anda.
* Jika pintu kulkas anda tidak tertutup rapat, cobalah cek karet di sekeliling pintu kulkas anda. Siapa tau sudah ada yang robek, perlu diganti atau hanya dibersihkan. Karena celah yang ada di kulkas akan menyebabkan suhu dingin keluar dan akibatnya kulkas akan membutuhkan lebih banyak energi untuk mendinginkan makanan.
* Cek temperature kulkas untuk efesiensi kerja kulkas anda. Temperatur yang dianjurkan untuk kulkas adalah 36-380C dan 0-50 untuk freezer.

Mencuci Baju

* Menyetrika baju sekaligus mungkin sangat membosankan, tetapi akan menghemat waktu dan uang.
* Jangan memasukkan baju yang masih basah kuyup atau menjejalkan terlalu banyak baju ke dalam mesin pengering. Kenapa tidak memanfaatkan sinar matahari? Selain tidak memerlukan listrik juga gratis untuk digunakan.
* Cermatlah mengatur timer untuk mengurangi waktu dan pemakaian listrik. Jangan terlalu lama mengeringkan pakaian, selain membuang energi listrik juga akan membuat pakaian anda lebih cepat rusak.
* Coba keringkan baju dengan cara memisahkan sesuai jenis kainnya. Hasilnya mengeringkan baju lebih cepat dan listrik akan lebih irit. Mencampur berbagai bahan misalnya pakaian dengan bahan tipis dan yang berbahan tebal seperti jeans membuat mesin pengering bekerja lebih lama.

Pemanas Air

* memilih tipe yang tepat untuk pemanas air, artinya menghemat uang. Cari tahu berapa daya yang diperlukan dan berapa hasilnya. Tidak perlu beli yang berkapasitas besar bila kebutuhan hanya sedikit.
* Dekatkan letak pemanas air dengan kamar mandi anda. Karena dengan semakin dekat jaraknya, maka akan semakin sedikit enerhi yang terbuang dalam prosesenya.

Semoga dengan mengubah hal-hal kecil tersebut anda bisa memperoleh banyak manfaat darinya.

Tidak ada komentar: